Thursday, February 24, 2011

Raka: Exploring Books & Story Telling

“The more that you read, the more things you will know. The more that you learn, the more places you'll go.” by Dr. Seuss quotes (American Writer and Cartoonist best known for his collection of children's books. 1904-1991)

Raka [2 tahun 6 bulan] sudah mengenal buku sejak dibawah umur 1 tahun, karena mendapatkan kado lahiran buku yang bentuknya kain, isinya tentang Baby yang sedang mandi, makan, tidur dll. kalau dibacain crita dari buku itu seneeeng bangettt... Ketika sudah agak besar sekitar 1 tahun 4 bulan awalnya masih biasa-biasa aja pas dikasih buku Barney, hanya tertarik melihat gambar-gambar warna-warni dan merobek & memakan kertasnya (-_-").
 
Tapi ketika di belikan interaktif book ama tante-nya (adik saya), tentang CARS Disney (di Mother Care) yang ada setirnya dan bisa di pencet2 bunyi Klakson, engine sound dll.—Dia semakin berbinar-binar dan minta di ceritain :D
Awalnya memang gara-gara bapaknya yang hobby banget sama mobil dan seperti mendoktrin Raka supaya suka mobil juga, alhasil Raka lebih hafal spare part mobil (such: spion, mesin, bemper, wiper dll.) dibandingkan menghapal nama-nama ikan atau jenis2 burung. Sooo jadi lah dia fans berat CARS Disney !!!

Bed Time Stories
Setelah saya membelikan beberapa buku tentang CARS Disney di Gramedia... Dia tambah girang, ditambah lagi bapaknya menawarkan membacakan buku itu ketika sebelum tidur... Wah semangatnyaaa si Raka...

…dan semenjak itu setiap malam sebelum tidur ada suara imut2 & lantang:
“Ita ubil kas maaa... Ita ubil kass paaa..”. (Baca: “Cerita mobil Cars maaa... Cerita mobil Cars paaa...”) :*

Dan kemudian mamah & papahnya juga jadi rajin membelikan majalah CARS Disney, oh ya jg di selipin majalah Handy Manny buat variasi :)
 
Kadang kalau lagi capeeekk banget setelah pulang kantor, suara mama & papahnya jadi jelekkk banget pas nyeritain, sambil ngantuk2... Malah kadang mamanya suka ketiduran duluan hehehe pas papahnya yang bacain :p *maaaappp* untung anak-nya tetep antusias :D.

Tapi semenjak membaca dan mempelajari manfaat dari story telling (mendongeng), mamahnya pengen berusaha lebih baik lagi...yaaa baru sadar 3 minggu yang lalu siy :p dan bener-bener dipraktekkan ketika papahnya Raka minggu yang lalu lembur pulang tengah malam selama 3 hari, karena Raka memang lebih suka kalau papahnya yang Dongeng mungkin karena sama-sama cowok dan nyeritain tentang mobil kali ya jadi lebih ekspresif, jadi kalau nggak ada papahnya pasti mamahnya donk yang mendongeng ;)

Exploring Bookstore
2 minggu yang lalu hari Minggu, 15 Februari 2011 Raka kita ajak ke Toko Buku Gramedia di Grand Indonesia... Ceritanya agar Raka memilih sendiri buku yang dia mau (tapi tetap diarahkan ke buku yang mana ya)… Well akhirnya nggak semua buku yang kita arahkan dia mau, karena dia mau-nya cuman CARS *sigh* dan bapaknya? Yaaa sangaatt mendukung :)) padahal tadinya dia sudah mau mnengambil Thomas tapi kemudian dikembaliin lagi.
Dan akhirnya mamahnya menambahkan buku Little Einstein & Cuggington atas persetujuan Raka (karena dia juga suka nonton filmnya), trus beli juga Ipin & Upin (kumpulan Doa & Panduan Sholat) karena Raka juga suka film-nya dan buku tentang doa & sholat yang bentuknya paling menarik (pada saat itu) hanya Ipin & Upin. 

Terakhir saya tambahkan juga buku tentang Bersekolah karena sebentar lagi Raka mau masuk Playground :) sayangnya saya nggak ngecek lagi isi nya... ternyata agak kurang menarik ilustrasinya dan mereka sekolahnya lesehan nggak dimeja/kursi :((

Sepulangnya dari Toko Buku langsung deeehhh minta "ita ubil kas" [Baca: Cerita Mobil CARS]. Oh ya sekarang semenjak sakit terakhir, dia minta banyak gaya pas kita mbacain buku, 1. Duduk di pangku diatas kursi sambil dengerin lagu-lagu anak kecil (dengan volume kecil tentunya) dan 2. Duduk menyandar di tempat tidur :p
 
Dan ini hasil buruan yang terburu-buru di jam makan siang kantor nemu Toko Buku Anak di Jl. Sabang, lumayan deh hanya Rp. 19.000,- dapet 3 buku [Barney: Pergi ke Kantor Polisi, Barney: Pergi ke Restaurant, Etika Makan]


Anyway.... Ini ada kumpulan bacaan tentang Manfaat Story Telling dan beberapa tips-nya hasil browsing...sana-sini... semoga berguna infonya :)

Manfaat Story Telling (mendongeng):

  1. Menciptakan antusiasme anak terhadap buku.
  2. Ketika anak anda mendengar dan melihat anda membaca makan dia akan tumbuh juga keinginan untuk membaca.
  3. Memperkenalkan dia untuk pengalaman baru dan ide tentang hidup.
  4. Anak-anak dapat mengunjungi tempat-tempat baru dan bertemu orang baru dalam pikiran mereka (memperkaya imajinasi anak).
  5. Memperluas kosa kata dan bahasa-nya.
  6. Menghapus karakteristik negatif pada anak Anda.
  7. Menciptakan ikatan yang kuat antara orangtua dan anak.
Tips-tips:
  1. No matter when or what you decide to read to your young toddler, he will no doubt enjoy and benefit from the private time with you.
  2. When reading to your young toddler, ask him to participate by letting him choose a book.
  3. Untuk awal pemilihan buku sebaiknya pilih buku yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari anak anda seperti berdoa, makan, tidur, mandi dll., atau tentang kesukaan anak anda. [Me].
  4. Choose children's books with large print words and extremely clear pictures.
  5. Pilihlah buku dengan bahan yang tebal dan kuat agar tidak cepat rusak (terutama untuk anak di bawah 2 tahun). [Me]
  6. When you read books aloud to your child, you encourage your child to love books.
  7. Here are The 12 Benefits of Reading Books Out Loud to Children of All Ages [Read Here]
  8. Ekspresi dan Intonasi suara yang jelas dan bervariasi sesuai dengan tokoh karakter yang sedang kita bacakan.
  9. Keep reading short, simple, and often because toddlers frequently have shorter attention spans than babies.
  10. You can also use prompts, like finger puppets or small objects to remind you of points in the stories.
  11. Membacalah dalam posisi duduk dan di tempat yang terang (gunakan lampu dengan cahaya berwarna putih), untuk menghindari mata rusak. [Me] 
  12. More Tips read "Yuuk, Ajak si Kecil Membaca". [TUM]
  13. More Tips read "membaca itu menyenangkan".[MD
Sumber: ezinearticles.com, lil-fingers.com, education.families.com, sixwise.com, mommiesdaily.com, theurbanmama.com.

Maaf ada yang diterjemahkan dan ada yang tidak, kadang nggak semua kalimat enak untuk di terjemahin alias jd cupu hehehe...

Today a reader, tomorrow a leader.

2 comments:

Motik said...

halo raka dan mama... mampir nih :) makasih ya udh main ke blogku... eh raka suka buku barney ya.. kyara juga suka bnaget tuh, lumyana banyak koleksi buku barney nya :)
Penasaran sama si sabang itu deh, murah-murah ya bukunya...
oiya, blognya udh aku link balik ya.. :)

Indri said...

@Mama Kyara: Thanks juga yah udah berkunjung & nge-link back :) anyway Raka suka juga Buku Barney tp teteup lbh suka Buku CARS hihihi...iyah di Sabang murah2 lho bukunya colorful pula :D