Wednesday, February 9, 2011

Saat Raka Sakit :(( ... [Terapi Inhalasi @RSPI & Terapi @Up2U]

Haduhh udah lama juga nih nggak ngeblog padahal udah gatel pengen nulis....tapi gimana si Raka sakit minggu lalu sekarang siy udah sembuh, Alhamdullilah :), ni udah telat seminggu mau update status per-diet-an di Up2U hihihihi.... after this post lah yaa :D

Day 0
Jadi Raka [2 tahun 5 bulan] sakit tuh pas malem jumat (Kamis) 28 Januari 2011, panas 37.6 kita lom putusin untuk ke Dokter karena belum juga 38, dan gejalanya batuk jadi kita kasih obat batuk Mukopec aja. Eh ternyata makin parah batuknya (terutama malam hari) kalo siang siy anaknya ceria2 aja, makannya juga relatif banyak dan gampang. tp kalo malem jadi teroris minta gendong terus & nangis2 sambil batuk2...kasian :( ...mana gw pas lagi diet kagak makan apa2an...lemessss bgt lah ditambah harus gendong Raka *sigh*

Eng... tp kalo baca teori RUM bahwa batuk itu reaksi tubuh aja, cuma virus, nanti jg sembuh sendiri, kalo muntah, ya bagus, kemungkinan lendirnya kebawa pas muntah. Obat batuk untuk anak, efek sampingnya serem. hiiiiyy.... gw kok ga bisa yaa ber-RUM ria...nggak tega :( am i a bad mother if I'm not doing RUM? :(
Dan udah menerapkan sebagian treatment ini lho: Pengobatan di Rumah untuk mengatasi Gejala Flu.

Day 4 - Dokter + Day 1 Inhalasi [31 Januari 2011]
Trus akhirnya pas hari Senin, menyerahlah gw akhirnya gw bawa ke RSPI. sebetulnya ada Dokter yang udah cocok di Hermina Jatinegara yg kalo ngasih obat udah pasti CesPleng...dokternya juga bagus & pinter & baik dan nggak perlu ngasih antibiotik kalo nggak parah2 amat. Tp sekalinya kasih resep puyer + antibiotik udah pasti CesPleng dah..yaitu Dr. Idham

Nah kenapa RSPI? bukan buat gaya2an yaaa.... masalahnya dari lahir Raka di RSPI & imunisasi di RSPI, memang lom ketemu yang cocok untuk dokter yang menangani kalo Raka sakit. tapi enaknya di RSPI ini adalah gw enggak perlu bayar (PENTING !!!), cuman perlu nunjukin ID Card Indosat aja ke bagian Asuransi Perusahaan lgs dikasih form, ttd dan ke Dokter Gratis *siul2* Sedangkan di Hermina sistemnya Reimbursement, jd harus bayar dulu baru nanti di ganti kantor. Cuman karena cash flow lagi "not in a good shape" gw nggak mau ambil resiko *maap ya nak* :(

Ini baru kedua kali Raka sakit gw bawa ke RSPI biasanya di Hermina terus kalo sakit, dan gw bayar pake kartu kredit, dan ketika di ganti kantor duitnya kepake buat operasional...akhirnya dosa-nya banyak dehh di kartu kredit.... :(( *stupid me* (siap2 dikeplak @Mrshananto :p).

Biasanya kalo ke RSPI selalu dengan Dr. Karel Staa orangnya smart, agak tegas dan susah curhat kalo berobat hari Sabtu karena pasiennya banyak (walau nggak sebanyak Dr. Hari). Kalo hari biasa baru bisa curhat agak lama. Ehhh kebetulan hari senin itu Dr. Karel nggak ada dan diganti ama Dr. Prayogo tapi pagi2 dan aku maunya siang2, yang ada cuman Dr. Yovita.... hmmm Dr. cewe...lom pernah neh... coba aaahhh hehehehe....*gambling banget nih* mana lom ada rekomendasi dari siapa pun tentang Dokter ini.

dan.... jeng jeng.... masuklah gw & Raka ke Ruangan Dr. Yovita ....
Dokternya cantik...masih muda...dan Raka nggak di kasih antibiotik *emaknya jingkrak2*
Raka pun terlihat tenang, karena kita dah sering training si Raka, kalo di Dokter nggak perlu takut, dan sering kita praktekkan kegiatan yang terjadi pas di Dokter.
dan sepertinya gw cocok ama dokter ini...penjelasannya cukup menenangkan...
dan gw minta rujukan untuk dilakukan inhalasi (penguapan).
*hee... teteup yah kalo ibu2 ada better rekomendasi ttg dokter di RSPI gw mauk loh :)

Pas mau dilakukan Inhalasi Raka awalnya tenang,karena gw dah training Raka bahwa nanti Raka akan di pakaikan masker trus maskernya keluar asep-nya... eh ternyata pas asepnya keluar Raka teteup panik dan nangis....hehehe.... kesian banget....gw sampe nggak tega megangin dia ngeronta2, selang sampe lepas beberapakali akhirnya aku minta BS-nya megangin Raka. Baru di hari kedua aku bisa megangin Raka karena udah nggak terlalu meronta.



Tuh liat di fotonya...awal2 masih ceria ngoceh2 & nyanyi2 di cafe RSPI... trus ke Dokter (nggak ada fotonya) trus Inhalasi... dan ya begitu deh seperti yang terlihat di foto meweeekkk...terakhir banget di vibrator (foto paling bawah), gunanya agar meluruhkan lendir2 yang menempel. trus di tepok2 pake tangan oleh suster yg jaga.

Day 5 - Day 2 Inhalasi [1 Februari 2011]
Raka udah mulai agak tenang, nggak terlalu meronta, Naahhh trusss emaknya bisa narcis kan jadinya hehehehe....Trus kemarin Raka masih agak anget badannya jadi nggak di hangat-kan (Micro wave Diathermy) baru hari kedualah anak gw di micro wave (kayak ngangetin lauk aja hahahaha).

Jadi prosedur komplit Inhalasi adalah: Micro wave Diathermy, Inhalasi, Vibrator & di tepok2 tangan dada & punggungnya.
Inhalasi cuman dua kali (2 hari) instead of 5 kali (dapet jatahnya rujukan), soale nggak ada yang bisa anter lagian tanggal 3 Februari libur Imlek.

Any way biaya Dokter dan Inhalasi di RSPI adalah sbb:
Dokter Spesialis Anak (Konsultasi & Hospital Fee) Rp. 240.000,00
Obat (Vitamin, Obat Batuk, Obat Pilek & Obat Panas) Rp. 190.000.00
Inhalasi Komplit (Micro wave Rp. 60.000,00, Inhalasi Rp. 125.000,00, Vibrator 49.500) Total Rp. 234.500,00 per treatment.
dan it's all Free....dibayarin kantor semua... Alhamdullilah...

Day 8 - Terapi UP2U
Pas kemarin totok tutup diet di UP2U gw disarankan untuk bawa Raka ke UP2U untuk di beri terapi yang lebih alami instead of Inhalasi di Rumah Sakit. Katanya si mbak Yanti (penunggu Up2U Tebet) anaknya kalo BatPil selalu terapi di Up2U dan lendirnya katanya keluar semua. masalah biaya? tenang aja....katanya sukarela alias terserah kita semampunya aja.

Akhirnya terapilah si Raka di Up2U... sekali lagi kita udah training Raka agar nggak panik dan di kasih tau/ dipraktekin juga yang akan di lakukan di Up2U. Jadi Rakanya juga lebih tenang nggak freak out.

tuh liat.... asyik kan :D ...anget2 gitu kalo di terapi di Up2U... itu yg lagi terapi-in adalah Kang Asep... :) Thank u :)

Sekarang Raka udah sehat kembali....petakilannya nuambaahhh... :))
tapi kolokan minta gendong kalo kebangun tengah malem kok masih kebawa yaaa...
payah deh *sigh*

1 comment:

-mandayandalove2T- said...

Raka, cepet sembuh ya anak ganteng
iya yaa..knapa anak kecil selalu meronta2 kalo diinhalasi yaa...udah takut duluan kali liat alat2nya ya, hihiii...